Pengikut

Sabtu, 16 Januari 2010

KRI Dewa Ruci dan Phinisi Nusantara

KRI Dewa Ruci


KRI Dewa Ruci merupakan salah satu kapal layar yang dimiliki TNI AL. Kapal layar bertiang tinggi ini adalah buatan 1952.

Tanggal 2 April hingga 23 Oktober 2003, KRI Dewa Ruci menjelajah dunia dengan menempuh jarak 21.363 mil laut. Ada 18 kota pelabuhan di 13 negara Asia, Afrika, dan Eropa yang disinggahi.

Rute yang ditempuh KRI Dewa Ruci selama pelayaran meliputi Surabaya, Jakarta, Sabang, Cochin (India), Port Raysut (Oman), Jeddeah (Suadi Arabia), Port Said (Mesir), Tunis (tunisia), Cadiz (Spanyol), Le Havre (Perancis), Rouen (Perancis), Delfijl (Belanda), Hamburg (Jerman), Rostock (Jerman), Rotterdam (Belanda), Malaga, Napoli (Italia), Alexandria (Mesir), Aden (Yaman), Karachi (Pakistan), Colombo (Srilangka), Belawan, Jakarta, dan berakhir di Surabaya (Sumber berita: http://www.dephan.go.id)



KRI Phinisi Nusantara


Phinisi Nusantara pernah melayari laut sejauh 11.000 mil dari Jakarta ke Vancouver, Kanada selama 72 hari.

Phini memiliki tujuh layar: tiga layar depan (jip sails), dua layar utama (main sails), dan dua layar puncak (top sails). Dengan tujuh layarnya ini, kecepatan maksimum Phinisi yang sekitar 5-6 knot bisa terdongkrak sampai lebih dari 7 knot. Namun semua tergantung dari kecepatan dan arah angin yang menerpa layarnya (Sumber Foto: www.tni.mil.id)

2 komentar:

  1. Selamat pagi semuanya, aku orang Perancis yang tinngal di Rouen. Kri Dewaruci tinggal satu minggu lebih di kotaku untuk Armada 2003, sama banyak kapal dari Negara yang lain. Tiap hari ada pesta pesta di atas kapal kapalnya, tapi itu Kri Dewaruci yang punyah paling sukses di sini.. Terima kasih semuanya (cadet dan perwira laut) .. berkat kalian kami di sini bisa liat banyak tarian dari Indonesia. Dan pesta pesta di atas kapal, kami bisa juga belajar poco-poco. Kalian selalu senium dan menerima semuanya dengan baik. Kami di sini senang sekali, dan sekarang lagi masih mengingat semua pelayar: cadet dan perwira laut. Sampai ketemu lagi, di sini atau di Indonesia.
    Suatu orang perancis yang ketemu istirinya (orang Indonesia) di atas kapalnya di Armada 2003 -_-

    BalasHapus
  2. Hidup Dewaruci, tempat penggemblengan mental Taruna, "JALESVEVA JAYAMAHE"

    BalasHapus

Tulisan kesan atau pesan Anda di sini sebagai jalinan persaudaraan!